Onomi Fokha, Jayapura…!!

Jayapura, (probably) the most beautiful city in Indonesia.. Itu menurut saya. Kalaupun bukan kota terindah, pasti adalah salah 1 kota terindah… Dari hampir seluruh kota yang sudah pernah saya datangi, dan atau saya singgahi, tidak ada (atau belum ada) yang menandingi indahnya Jayapura. Di kota mana anda bisa menyaksikan pemandangan bukit sabana, samudera, danau, dan pantai di 1 tempat, alias 1 paket? Jayapura juga termasuk salah satu dari beberapa kota di papua yang merupakan bagian dari perang dunia ke 2. Jenderal MacArthur (Jend Sudirman nya Amerika) datang dengan armada lautnya di kota ini, ikut menamai beberapa tempat, dan membuat markas besar militer di salah satu bukit di Sentani (sekarang dinamai MacArthur Hill). Ask google for details…

Oke, karena no picture=hoax, mari langsung kita bahas beberapa ‘point of interest’ Jayapura

  1. Jayapura at Night

Beberapa teman bilang jayapura di malam hari itu sama dengan hongkong. Yup, gak jauh bedalah hehe.. Kota ini lebih menarik di malam hari, karena kontur nya yang berbukit – bukit, dari ketinggian kita bisa menikmati cahaya malam hari kota ini.

Night view from Dok 2

Jayapura Night View

2.   Jayapura Tower

Salah satu icon kota Jayapura. Dinamakan tower karena ada beberapa tower stasiun televisi disini (dikarenakan posisi nya yang cukup tinggi dan ada di tengah kota). Selain itu disini juga ada tulisan “JAYAPURA CITY” yang membuat anda langsung membandingkan dengan “HOLLYWOOD” di Amrik sana hehehe.. Yup, Naik ke atas bukit di tengah kota, nikmati pemandangan kota ini.

City view from Jayapura Tower

3.  Pantai Base G

Inilah pantai paling populer (di kota ini hehehe). Setiap minggunya warga akan berbondong – bondong piknik, membawa makanan, alat membakar ikan, speaker besar, GEN SET, menyewa pondok dan bersenang – senang..🙂. Pantai ini cukup panjang dan pasirnya pun cukup membuat mata segar. Banyak tukang bakso yang hilir mudik disini, duduk di pasir, makan 1 mangkuk di temani suara ombak. Silakan nikmati saja…

Pantai Base G

Bakso Base G

4.  Angkasa

Ini bukan nama band! Tapi dari namanya anda akan tahu posisi anda ketika ada di tempat ini hehe.. Yup, angkasa adalah tempat (selain Jayapura Tower) dimana anda bila melihat landscape kota Jayapura dari atas bukit. Karena jalanan di Jayapura memutar, dengan kontor berbukit, jadi dari Pantai base-G anda bisa langsung pergi ke angkasa.. Dari dataran rendah langsung ke dataran tinggi. Pemandangan sama indahnya, hanya di jayapura hehe..

Angkasa Jayapura

5.  Sky Land

Ini adalah salah satu jalur penghubung antara Jayapura dan Entrop (Antar kecamatan di jayapura dipisahkan oleh bukit). Dari sini anda akan bisa menyaksikan pemandangan Samudera Pasifik, sambil memesan kelapa muda dan mengobrol santai di pondok – pondok di sepanjang jalur ini.

View from Skyland

6.  Skouw

1,5 jam perjalanan dari Jayapura. Sebenarnya tidak ada yang cukup menarik di tempat ini, hanya penanda bahwa ini adalah batas dari Indonesia di daerah Timur (Selain di Merauke). Anda bisa berfoto di bawah gerbang perbatasan Indonesia – Papua New Guinea. Kalau ingin melihat pantai yang indah, bisa berjalan ke daerah Papua Nugini (dengan meminta ijin terlebih dahulu). Dibalik rumah warga, dari atas tebing, anda akan melihat pantai yang cukup indah langsung menghadap ke Samudera Pasifik.

Batas RI-PNG

Here I am…

Pantai (di Negara Papua New Guinea)

7.  Danau Sentani

Danau yang akan menyambut anda ketika datang ke Jayapura. Danau yang terletak di Kabupaten Jayapura ini persis berada di sebelah Bandara Sentani (wajar namanya sama ya hehe), sangat indah jika dilihat dari atas karena ada beberapa pulau – pulau kecil di tengah danau nya. Danau vulkanik ini cukup luas, 9,3 hektar, berada di lereng pegunungan cycloops. Arti kata Sentani sendiri “di sini kami tinggal dengan damai”, di beri oleh seorang Misionaris yang melakukan misi penginjilan disini tahun 1898 (lengkapnya baca di http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Sentani) Setiap tahun diadakan festival danau sentani, yang sayangnya saya belum sempat melihat langsung hiks… Anda juga bisa menyewa boat dan berkeliling danau ini, mampir di beberapa perkampungan berkenalan dengan budaya asli sentani. Tak jauh dari danau ini juga di salah satu bukit Sekutu membangun markas komando militer di masa perang dunia ke 2, dinamakan Bukit Mac Arthur (diambil dari Jend Douglas MacArthur pemimpin perang AS).

Danau Sentani…

Beautiful Sentani

8.  Bukit MacArthur

Dikenal sebagai saksi sejarah perang dunia ke 2 antara sekutu dan jepang. Setelah mampir ke bukit ini, dan melihat koleksi dokumentasinya, kita akan tersadar bahwa Indonesia (terutama Papua) punya posisi yang cukup penting di masa perang dunia ke 2. Saat Jepang menyerang Pearl Harbour (Hawaii), pasukan sekutu melakukan serangan balik dengan menyusuri Samudera Pasifik, dan salah satu kunci kekalahan Jepang atas sekutu ada di Pulau Papua ini.

History of MacArthur

Di bukit inilah Sekutu (AS) membangun markas militer & menyusun strategi penyerangan ke Jepang (mungkin juga membahas hari baik untuk menjatuhkan bom atom kali ya hehe), sambil mengawasi kedatangan Jepang ke Papua. Oke dari sisi historis, pemandangan yang ditawarkan juga tidak kalah menawan, hehe..

Percaya pada saya, anda akan jatuh cinta pada pandangan pertama ketika turun dari kendaraan berdiri diatas bukit ini melihat pemandangan di bawah!! Danau sentani, kota sentani dan bandara terlihat jelas dan keindahannya akan langsung membuat pikiran anda segar, hehehe…

Saat ini bukit ini dipakai sebagai markas TNI jadi masih cukup terpelihara…

Danau Sentani dari Bukit MacArthur

History of MacArthur Hill

Memorabilia

Santai di MacArthur

Menjelang sore…

9.   Pantai Harland/Tablanusu

Sudah ada tulisan yang saya posting sebelumnya mengenai pantai ini. Untuk detailnya baca postingan sebelumnya aja ya, hehehe… (https://anthology12.wordpress.com/2011/08/31/tablasupa-harland-beach-jayapura/) Yang pasti pantai ini tidak kalah (atau malah lebih indah?) dari pantai – pantai indah yang anda temui di Bali atau di luar negeri. Disini juga merupakan lokasi snorkeling dan diving yang cukup oke.

Harland Beach

Visit Harland…

Marilah kemari…

Masih ada beberapa tempat lagi yang bisa dijadikan tempat kunjungan wisata di Jayapura dan sekitarnya. Pantai Amai, air terjun pos 7, pulau debi, pulau kosong, penangkaran buaya skyland, pantai pasir 2, pasir 6, dll.

Pantai Pasir 2

Another nice view

Pantai Pasir 6

Pasir 6

Karena disini murni pemandangan alam dan budaya, jadi akan cocok untuk orang – orang yang sehari – hari hanya melihat gedung tinggi, bekerja di perkantoran multi lantai, pulang pergi di jalanan macet kronis, hehehe.. Shopping untuk oleh – oleh? Jayapura menyediakan koteka, lukisan dari kulit kayu, tifa – tifa, ukiran tradisonal suku asmat, dan kalung dari taring babi🙂.

Shopping Senter

Jayapura

Mengutip lagu dari pandji “lagu melayu”

Banyak orang di Indonesia hanya pergi ke kota-kota yang sama
Libur ke Singapore atau ke Malaysia, weekend ke Bandung, pulang ke Jakarta
Hanya tahu tentang Indonesia dari berita TV dan koran saja
Bukalah kopermu, isi dengan baju, banyak destinasi yang bisa dituju

Apabila kau ragu untuk menjelajahi negrimu
Perjalanan pesawat tak makan waktumu kecuali Papua hanya setidurmu
Siapa lagi kalau bukan kamu yang jadi duta untuk bangsamu
Negri yang kaya kamupun tahu sekarang giliran dunia yang tahu

Onomi Fokha Jayapura… Selamat Datang di Jayapura

Photos contributed by : Fajar Subchan, Sury, Abdul Kholiq “Eky”, Me

About drick

common, ordinary, nothing special...

Posted on July 17, 2012, in Life is for Living, Lihat - Lihat and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. kok gak pernah kasih gue oleh oleh kalung babi sikkkk -____-

  2. Mana lah gw tau, babi kan haram… -__- (kut ikut an)…

  1. Pingback: Mari ke Jayapura… | Anthology 12

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

halaman kecil untuk kehidupan yang lebih baik

apapun yang terpikirkan oleh manusia

Anthology 12

You know my name, look up the number... (The Beatles)

Catatan Kecil

Sebuah catatan mengenai pengalaman, pemikiran & perjalanan

Noisy Pilgrims

Incredible Photography from India

Good Humored

by Paprika Furstenburg

%d bloggers like this: